Calon Kapolri » Trimedya: Pencalonan Timur Pradopo Sarat Muatan Politis

Posted: Oktober 4, 2010 in Tak Berkategori

Senin, 4 Oktober 2010 22:17 WIB

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rachmat Hidayat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pencalonan Timur Pradopo untuk menggantikan Kapolri Bambang Hendarso Danuri, hanya beberapa jam sejak resmi berpangkat Komisaris Jenderal dan menduduki posisi Kabaharkam, dicurigai sarat muatan politis. Beberapa jam sebelumnya, Timur Pradopo masih berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) dan menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Dugaan politisasi calon kapolri yang diajukan Presiden SBY ke DPR ini disampaikan oleh seorang anggota Komisi III DPR, Trimedya Panjaitan.

“Pencalonan Pak Timur Pradopo kesannya sangat rentan dengan muatan politis. Pertama, dia tidak diajukan resmi oleh Kapolri dan Kompolnas. Baru beberapa jam diangkat menjadi jenderal bintang tiga kemudian menjadi calon Kapolri. Baru kali ini, calon Kapolri yang tidak resmi diusulkan, kemudian dipilih Presiden diajukan ke DPR,” Trimedya Panjaitan kepada Tribunnews.com, Senin (4/10/2010).

“Dilihat adanya kepentingan politis, karena semua institusi hukum sangat penting bagi penguasa. Atas hal ini, menunjukkan adanya keprihatinan di tubuh Polri.  Meski begitu, kami di Komisi III DPR tentunya juga akan melihat rekam jejak Pak Timur, apakah layak atau tidak. Apapun, saat dia menjadi Kapolres Jakarta Barat, terjadi peristiwa Trisakti. Beliau juga pernah dipanggil oleh Pansus Trisakti dan Semanggi. Komnas HAM juga akan kami minta klarifikasinya terkait ini,” tambahnya.

Hingga kini, Fraksi PDI-P di DPR belum secara resmi memutuskan apakah akan memuluskan langkah Komjen Pol Timur Pradopo sebagai Kapolri atau tidak. Namun yang pasti, lanjut Trimedya, para anggota Komisi III DPR akan mempertimbangkan hasil dari uji kelayakan dan kepatutan (fit and profer test) nanti.

“Dengan proses yang mendadak seperti ini jelas kita pertanyakan. Ada apa sebenarnya ini? Apakah ada kepentingan poltik, atau apa, kita nggak tahu. Yang jelas, Pak Timur harus segera menyiapkan visi misinya, mau dibawa kemana Polri ke depan. Kemungkinan DPR akan melakukan fit and proper test pada minggu depan,” ujar Trimedya.

Sementara itu, Sekjen DPP PPP Irgan Chaerul Mahfiz memprediksi langkah mantan Kapolda Jawa Barat dan Kapolda Banten itu akan berjalan mulus. Namun, Bambang Soesatyo, salah seorang anggota Komisi III dari Fraksi Partai Golkar menyatakan, untuk sementara DPR kemungkinan baru menerima Timur Pradopo sebagai calon Kapolri.

“Tidak ada jaminan akan mendapat dukungan penuh dari Komisi III DPR. Berbagai masukan dari masyarakat tentang rekam jejak Timur Pradopo akan kita tanyakan dalam fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan,” ujar Bambang.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s