DPR Soroti Anggaran Keppres dan Pidato Presiden yang Capai Miliaran

Posted: Oktober 6, 2010 in Tak Berkategori

Rabu, 06/10/2010 21:17 WIB
Rachmadin Ismail : detikNews

Jakarta, Dalam rapat anggaran bersama pemerintah, DPR menemukan sejumlah anggaran yang dinilai aneh. Salah satunya adalah biaya pembuatan Keppres yang mencapai miliaran.

“Biaya keppres tinggi. Sampai miliaran, ya kita tolak. Itu kan hanya bikin surat, copy paste saja,” kata Wakil Ketua Komisi II Ganjar Pranowo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/10/2010).

Ganjar bersama rekan anggota DPR lainnya melakukan penolakan ini saat rapat bersama Setneg. Dia mengaku heran dengan anggaran tersebut, sebab terlalu besar.

“Kecuali kalau biaya undang-undang. Memang ada shopping list-nya, ngundang pakar dan lainnya. Ini bikin keppres masa semahal itu,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Ganjar juga mengaku siap menolak anggaran lain yang tidak rasional. Salah satunya adalah biaya pidato presiden yang disebut-sebut mencapai angka Rp 1,4 miliar.

Nilai tersebut diperoleh dari dokumen yang disampaikan oleh LSM FITRA, dari RKA-KL Setneg di pos anggaran Pelaksaanaan Acara/Ke­protokolan Mensesneg, Ketatausahaan dan Kearsipan di Ling­kungan Setneg poin 014, 015, 019. Di dalamnya tercantum  anggaran penyusunan pidato kenegaraan Presiden Yudhoyono sebesar Rp 1.473.110.000.        

“Kalau irasional tidak akan disetujui. Apakah pidato itu, umpamanya, misalnya pidato di sejumlah tempat yang harus menghadirkan sekian orang. Biayanya itu bukan untuk pidatonya tapi untuk itunya,” papar politisi PDIP.

Ganjar berjanji akan melakukan pengecekan terhadap dua pos anggaran tersebut. Terlebih hingga saat ini pihaknya belum menyetujui program-program yang diajukan oleh pemerintah.

“Kita setuju pagu tapi belum setuju programnya karena kita juga terbentur juga sulit anggaran,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s